Bikin paspor

Apah? Baru bikin paspor sekarang? Haregene baru bikin paspor? Dari dulu kemana aja bu? Hehehe. Ya enggak kemana2 juga sih. Cuman emang baru sekarang aja bisa terlaksana.

Kenapa bikin paspor? Mau jalan2 kemana? Enggak sih. Kalau mau kemana, semua masih dalam angan2. Yang pasti sih trigger nya ya kemarin di bbm temen, ngajakin ke Penang. Ceritanya dia mau nemenin temennya berobat. Nah daripada kesana cuman buat nemenin berobat doank, toh berobat nya juga kan pasti Cuma beberapa jam saja, terus sisanya mau ngapain? Ya mau jalan2 laaaah. Berdasarkan pengalamannya dia, banyak kog yang masih bisa di eksplore di Penang, dan juga kan enggak mahal2 banget.

Pas kemarin bbm, dan aku bilang belum punya paspor, akhirnya dia langsung maksa2 buat bikin paspor. Biar gampang kita jalannya mi, gitu katanya. Akhirnya kemarin (iyah, kemarin) langsung buka web imigrasi terus klik klik klik buat daftar online. Terus bayar lewat atm, terus pilih jadwal deh kapan mau dateng ke kantor imigrasi nya. Gampang banget kog. Enggak ada lah itu ribet2 gimana. Terus berkas2 yang dibutuhkan juga enggak perlu di scan kog. Jadi tinggal siapin2 aja berkas2 yang diminta, KTP, KK, Akte Lahir sama print out – print out bukti pendaftaran ples bukti pembayaran, semuanya di copy oiya sama slip pembayaran yang dr atm juga jangan lupa di copy. Oiya sama satu lagi, kalo karyawan biasanya mereka minta surat rekomendasi dari perusahaan.

Gambling milih hari apa, secara sekarang juga jadwalnya kerja tuh seringan keluar terus, akhirnya dipilih lah hari senin, dengan pertimbangan emang kerjaan yang mau dikerjain belum begitu banyak, pendingan hari jumat juga enggak ada.

Senin jam 9an udah sampai d kantor imigrasi dan udah rame ajah. Langsung ke bagian customer care buat minta map sama didaftarin di pendaftaran. Klo aku, karena baru pertama bikin paspor dan juga bukan buat yang sekolah apa kerja, jadi ada tambahan dua formulir gitu dan pake materai. Selese di customer care, dapet nomer antrian dan silahkan menunggu kakaaaak.

Nunggunya lama? BANGET! Jadi yah, kan aku dapet nomer antrian 3-003 yang mana dibilang sama mbak nya ntar di loket 3 ya mb. Akhirnya akupun nunggu di deket loket 3. Sebenernya sih jelas yah, antrian nya udah sampai nomer berapa. Nah tapiiii, aku kira wah dapet nomer 3 nih, keknya cepet deh, ternyata sodara-sodara, system antrian yang dipake tuh enggak gitu, bukan satu loket nanganin satu jenis antrian, tapiiii, antri nya tuh yang bener-bener ngacak tapi urut. Duh, gimana sih ngomongnya, jadi pas di customer care si mbak nya kan ngedaftarin nomer antrian, nah antri nya ya sesuai sama nomer antrian itu, Cuma kertas yang tercetak itu yang nomernya beda2, keknya sih dibedakan per jenis pendaftarannya kali yah.

Tapi yah seenggaknya sih lumayan jelas lah yah. Oiya setelah nunggu yang lama itu, akhirnya dipanggil. Dan bener sih ke loket 3. Di loket itu ada dua orang petugas. Jadi emang dibagi dua. Satu petugas itu verifikasi data n wawancara, Cuma ditanyain mau kemana kog bikin paspor, ya std gitu2 lah yah. Terus udah selese wawancara, langsung geser ke bangku sebelah, buat verifikasi akhir sama foto. Jadi sih pas aku udah geser ke kursi sebelah, si bapak yang verifikasi dan wawancara itu ya manggil antrian selanjutnya. Jadi sebenernya sih prosesnya sendiri sih cepet. Habis itu udah langsung dikasih lembaran buat ngambil passport nya. Klo ditulisnya sih 3 hari. Jadi mungkin baru jadi kamis. Okedeh, lets see, besok pas ngambilnya bisa cepet apa enggak. ^^,

Iklan

20 thoughts on “Bikin paspor

  1. Whoaaa…asyik sekaliii, mau jalan-jalan ke Penaaaang 🙂

    Emang yang penting mah bikin dulu aja paspornya Miy, jadi nanti akan lebih termotivasi untuk jalan2 keluar negerinya 🙂

    *mumpung belum rempong punya bocah kayak aku gitu lhooo hehe…*
    *ini kenapa jadi curhat*

  2. Sekarang udah di tangan belom paspornya?
    Ilmiiiiyyyyy…mudah-mudahan paspor ini bisa jadi lngkah awal buat Ilmiy keliling dunia ya…iktan seneng, Penang adalah langkah pertama, langkah berikutnya, hanya Tuhan yang tahu…
    😉

      • ¡Que gran actriz es Jazmín Stuart! Y además hermosa. La verdad me llega al alma el sufitmrenio de Valeria. Ayer se paso en todas la escenas. Ojala no maten el amor de Juan y Vale. El amor de ellos merece un final feliz juntoLa canción que pasaron al final de la novela se llama ” Mí vida sin tí” de Ale Ortega

  3. Tiga tahun lalu aku juga buat passport daftar via online. Ternyata gak seribet yang kuduga. Cuma emang sih, fotonya masih nunggu pake laaaaamaaaaa. Sudah gitu fotonya gak seindah penampakan Daehan-Minguk-Manse *yaiyalaaahhh… * Mungkin karena yang foto bukan papa Song, jadi yah gitu deh!

    • Hahahah. Iya bener bgt vit. Dr rumah udah di rancang mau mringis dua jari, kenyataannya malah gak jelas. 😆
      Harusnya papa Song buka jasa pembuatan poto passport kali yah. =D

  4. Gpp kok Mi, kalo baru punya paspor sekarang. Ada yang baru bikin setelah punya anak dua. Ada.
    Mudah-mudahan terealisasi yaaaaa.. dari satu cap ke cap lain, aamiin.. ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s