Sakit Hati Jangan Dibawa Mati

Kapan hari itu ikutan pengajian di kantor. Setelah pengajian bulan kemarin yang dibela2in bolos demi nonton konser yang ujung2nya diceramahin di morning briefing. Hehe. Klo soal pengajian bulan desember sih bukan mangsut hati mau ngabur ye, Cuma emang udah janji duluan ama abang maliq. Kan katanya kalo udah janji gak boleh diingkari yakan yakan yakan? *alasan. Hehe.

Pengajiannya sendiri sih udah lama yah, ada kali dua mingguan yang lalu, Cuma baru keinget sekarang ada salah satu materi yang menarik.

Klo materi keseluruhannya sih aku lupa2 inget. Maklum kita kan termasuk kelompok pengajian yang kalo keluar dari ruang pengajian udah langsung lupa aja semua materi yang tadinya di dapet. *eh. Hehe. Sangking banyaknya ketawa ama sangking khusyuknya membodohkan diri sendiri.

Iyap! Yang aku suka dari ustadz yang saat itu jadi pembicara itu adalah gayanya yang banyumas-an banget. Ceplas ceplos dan ngena di hati yang jadinya bikin kita nyadar banyak banget kebodohan2 yang kita lakukan.

Dan tema malem itu adalah mengenai dosa lubang yang ada ditubuh manusia. Tapi malam itu dikhususin ama dosa di lubang yang dinamakan mulut. Klo ngomongin dosa yang disebabkan oleh mulut yah, keknya mostly itu berasal dari ucapan atau lisan kita yang gak terjaga. Alias mulut yang gak disekolahin yang akhirnya bikin orang lain sakit hati.

Padahal yah kalo udah urusan sakit hati antar manusia, Allah itu gak ikut2an loh. Allah cuman ngebatasin klo musuhan atau marahan antar manusia itu dibatesi waktu 3 hari. Pasti udah pada tau donk yah. Katanya sih konon tiga hari itu, satu hari untuk melampiaskan kekesalan, satu hari berikutnya untuk mikir nih masalahnya sebenernya apa? Ngademin pikiran lah istilahnya, dan satu hari terakhir untuk saling meminta maaf. Dan kalo ternyata sampe keduanya kasarannya pada akhirnya meninggal dunia, ya urusan marahan n musuhan n sakit hati itu diselesein di akhirat sono. Jadi yang salah ya nanti di akhirat sono kudu harus minta maaf ama yang disakiti hatinya, urusan memaafkan atau gak, itu urusan orang yang disakiti hatinya tadi itu. Nah serem aja kan ya kalo kita gak jadi masuk syurga gegara ada orang yang gak mau maafin khilaf akibat dosa mulut kita.

Kaan.. Kaaan.. Kaaaan.. Jadi serem gitu yak akhirnya. Cuma gegara dosa mulut kita. Eh dan ternyata yang dinamakan gossip atw ghibah itu adalah apabila kita membicarakan sesuatu tentang seseorang kepada orang lain, yang ternyata orang yang dibicarakan itu gak suka. Baik itu kenyataan atau gak yaa, sepanjang orang yang dibicarakan gak suka ya itulah yang dinamakan gossip alias ghibah. Berarti berarti, kalo orang yang dibicarakan itu biasa aja n gak marah berarti bukan gossip atw ghibah kan yah? *eh.gagalPaham. x_x

Jadi segitu besarnya yah akibat dari dosa mulut kita. Makanya sih mending klo mau ngomong apa2 ya harus dipikir dulu. Bener gak kita ngomong gitu, ada yang sakit hati gak klo kita ngomong gitu. Salah2 bikin orang sakit hati sampe dibawa mati panjang itu urusannya. Padahal kita sendiri kagak nyadar nyak klo omongan kita ternyata menyakiti orang lain. Jadi ada benernya juga dah tuh yang dinamakan maaf memaafkan pas lebaran. Ples silaturahim juga. Klo silaturahim kan ujung2nya maaf2an juga. Dan akhirnya mempererat tali persaudaraan. Dan seterusnya memperbanyak rezeki. Eh ujung2nya memperpanjang umur. *eh.emangnya tali bisa dipanjang2in?* Hehehehe.

Jadi sekarang, ayo ayo pada instropeksi diri yah, diinget2 selama ini nyinyir dimana aja? Selama ini menebar komen dimana aja? Kira2 yang dinyinyirin sakit hati gak? Kira2 yang dikomenin oke gak klo kita komen kek gitu? Hehe. Ujung2nya instrospeksi diri n banyak2lah meminta maaf. πŸ™‚

Maafin ya teman2 semua kalo aku selama ini banyak salah. Salah omong, salah posting, salah komen, salah nyamber tweet. Dan salah2 lainnya apapun ituh. Baik yang sadar ataupun tidak. Yang disengaja ataupun tidak. Sakit hati nya jangan sampe dibawa mati yah. Serem ih.

Etapi klo kata film korea Love Rain, there are no sorry for love. *eaaaaaaaaaaaaa *eh. *enggresnya bener gak tuh?* Hehehehe..

Rajin amat nih sehari ni posting dua kali. Mumpung lagi encer nih ide. πŸ˜€ Tinggal besok pusing2 lagi dah mau posting apaan. Wkkkkkkkk. πŸ™‚

Iklan

14 thoughts on “Sakit Hati Jangan Dibawa Mati

  1. Woooiii…sehari 2 kali posting?
    Hebaaaat, Ilmiy…hebaaat πŸ˜€

    Tentang dosa ucapan kita memang serem, apalagi kalo kita nggak berniat nyakitin tapi orang lain sakit hati. Duuuh, gimana minta maafnya ya, kan nggak kerasa…
    Apapun, trima kasih sudah diingatkan lagi tentang masalah bergunjing, gossip, ghibah dan yang berhubungan dengan lisan kita. Mudah-mudahan kita bisa selalu menjaganya agar tetap ada di jalan yang benar…
    *lhoooo*

    • Hehehehe,, Gtw nih mbak, hari ini keknya lagi penuh ide inspirasi. Padahal biasanya juga entah kemana perginya semua inspirasi.. πŸ˜€

      Iya mbak, tadi sempet kepikiran udah ganti bulan, brarti mau ada pengajian lagi. Eh malah keinget tentang materi pengajian bulan lalu. Jadi buru2 ditulis deh, biar jadi pengingat ku juga mbak.. πŸ™‚

  2. Berpikir sebelum berucap, itu adalah pilihan paling bijak…
    Sambil nulis komen ini saya jadi mikir, mudah-mudahan nggak ada komen saya yang nyaklitin hati Ilmiy yaaaaa!
    Kalaupun ada, maafkanlaaaah…

    • Tenang mbaak.. Klo aku dikomenin malah seneng kog. Apalagi klo ada yang ngritik n ngingetin kita. Artinya kan ada yang peduli ama kita.. Ya gak mbak? Hehehe.. πŸ˜€

    • Love Rain pertamanya bikin ngantuk pake bangeeeetttt…. keknya 4 atw 5 episode pertama itu bener2 lambaaat banget..
      Tapi setelah ganti generasi si Jang Geun Suk ny jadi kereen.. Hehe.. πŸ˜€

  3. Love Rain tadinya mo nonton karena Jang Geun Suk nya, tapi ngliat Yuna, malesin.. bener. Bukan karena dengki, ya. Buktinya yang Jang Geun Suk maen film bareng Kim Ha Neul aja gue pantengin. Yang Marry pun gue nonton padahal alur ceritanya cetek banget.
    Tapi kalo Yuna, nggak deh, makasih. Males aja ngliat mukanya. Eh, ini lagi ghibahin Yuna nggak nih, Miy????

    • Xixixi.. Ada apa dengan Yuna mbak del? Aku sih siapa aja pemain ceweknya asal cowoknya ganteng ya aku pantengin aja.. Wkkkkkk… πŸ˜€

      Ah klo Yuna di ghibahin keknya malah tambah seneng kog. Kan jadi tambah terkenal. *eh. x_x

      • Nggak tau deh kenapa nggak suka. Apa karena aktingnya terlalu datar? Eh selaen YongHwa dan Jang Geun Suk, kita berbagi siapa lagi sih? LMH mah udah pasti, ya πŸ˜€
        Lee Seung Gi, perhaps? πŸ˜‰

      • lainnya aku sih palingan sukanya ama Joong Ki yang flower boy n cantiik banget eh.. Hehehe..
        Klo yang lainnyaa.. Asal cakep aja deh aku suka. *eh. Hehe πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s