Sulit?? Susah?? Imposible? Unsolvable? I dont think so..

Beberapa waktu yang lalu, buka email. N gak sengaja ada beberapa email yang harusnya langsung tersortir masuk folder tapi malah muncul di inbox. Tertarik ma judulnya, “PR yang sulit”.
Sekilas g ada yang istimewa, pertama ngira malah isinya mungkin tentang tebak2an selingan Ramadhan. Pas dibuka ternyata isinya sebuah kisah. Mungkin bisa dikatakan sebuah cerpen juga kali yah. Kan cerpen jugak kependekan dari cerita pendek. *lah ini apasih kog malah bahas cerpen*
Langsung ke kisahnya, Nih.. aku copy paste dsini aj yah..

George Danzig, seorang mahasiswa disalah satu universitas, di Amerika Serikat, kala itu ia terlambat untuk datang pada mata kuliah matematika, ia memasuki kelas namun ternyata teman2 nya sudah pada bubar.

George melihat 2 buah soal pada papan tulis itu, ia berpikir bahwa itu pasti adalah PR yg baru diberikan oleh Profesornya, sehingga dia mencatat pada bukunya dan membawanya ke rumah.

Berhari2 dia mencoba untuk menyelesaikan PR tsb, berbagai cara ia coba…Mungkin ia berpikir…
“Tidak biasanya Dosen memberi tugas demikian sulitnya, tapi pasti ada jawabannya, pasti ada…”

Pada akhirnya, ia berhasil mengerjakan soal nomor 1.

Karena ia mengira soal itu adalah PR, ia mengumpulkan tugas tersebut kepada Profesornya dan meletakkan di ruang kerja Profesor tersebut….

Ketika siang hari, dia di cari oleh sang Profesor, sang Profesor pun bertanya bagaimana dia bisa menyelesaikan soal tersebut..??!

George menjelaskan bahwa ketika itu dia terlambat mengikuti mata kuliahnya dan dia hanya melihat 2 soal itu di papan tulis dan menganggap bahwa itu adalah PR.

Tahu apakah jawaban dari sang Profesor itu…??!

Soal itu ditulis sang Profesor ketika sedang menjelaskan tentang 2 buah soal matematika tersulit di muka bumi ini dan hingga pada saat itu tidak ada yang bisa memecahkannya…!

BERARTI…
Kalau saja saat itu George mengikuti mata kuliah itu, mungkin saat itu ia berpikir bahwa itu memang soal tersulit dan berpikir bahwa memang tak seorang pun dapat menyelesaikannya.!

Dapat diduga, ia akan teracuni oleh kata2 Profesornya tentang sulitnya soal itu.

Danzig saat ini ia menjadi salah satu Profesor terkenal di Stanford University. Dia dikenal senagai pemecah soal matematika tersulit, dan dia memecahkannya ketika dia memang tak tahu bahwa yang dikerjakannya adalah soal tersulit yg pernah ada….

RENUNGAN:
Sesuatu akan terasa sulit apabila kita menganggap bahwa yg sulit itu adalah sulit… maka alangkah baiknya kita memulai sesuatu tanpa anggapan “sulit”. Danzig membuktikan bahwa sesungguhnya sulit itu seringkali merupakan anggapan semata…

Yep.. selain itu pernah gak denger, ketika kita menganggap kita tidak bisa dan akhirnya menyerah. Maka pada akhirnya akan ada satu hasil yang mungkin yaitu gagal. Namun jika kita menganggap diri kita bisa dan mau berusaha, maka akan ada dua hasil akhir yang mungkin terjadi yaitu berhasil atau gagal. Walopun jika nantinya gagal pun, kita masih bisa belajar dari kegagalan yang pernah kita lakukan untuk tidak mengulanginya di masa yang akan datang.

Soo… Jangan pernah menyerah ya teman2.. Apapun yang terjadi..!! Meskipun gagal bukan berarti kita benar2 kalah. Karena ketika batu yang ditetesi seribu kali itu pecah, bukan karena tetesan ke seribu yang membuatnya pecah, namun 999 tetesan sebelumnya lah yang telah melakukan tugasnya..

Man Jadda WaJadda
Man Shabara Zhafira

Fighting!!

Iklan

4 thoughts on “Sulit?? Susah?? Imposible? Unsolvable? I dont think so..

  1. Bagusss banget kutipan dan tulisannya, Ilmiy…cocok sekali buat saya yang kayaknya termasuk kategori mudah menyerah…padahal sugesti itu kan yang biasanya beneran terjadi?
    Mulai sekarang, menyerah itu tak boleh ada lagi kayaknya, karena saya juga tidak mau sugesti sulit terhadap segala sesuatu akan menyertai hari-hari yang saya lalui šŸ™‚

    • hehe kya iklan aja bukan basa-basi..
      Siipp siipp mbak.. InsyaAlloh.. lah tapi saya k Sby ny yo pasti wiken mbak.. kan weekdays kerja *sok sibuk*

      mb.irma surabaya ny mana loh? *sok ngerti surabaya padahal dlu mainnya cuma di gayungkebonsari*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s