Hari Air Sedunia

Wowwww.. Napsu banget yak eik posting hari ini. Tak apalah mumpung lagi semangat2nya ngeblog.
Kali ini pengen ngebahas soal air. Hari air sedunia. Emangnya yak. Ngapain sih kudu ada gitu hari air sedunia? Mang apa yang diperingati yak? Kenapa mesti hari air sedunia. Kenapa gak hari api atw hari hari tanah atw hari udara gitu. *hahah.. lu kate ngomongin Aang Avatar??* Yah.. Maafkan dan abaikan kedodolan sayah yang nanya2 soal gituan.
Yang aku tangkep *hap* dari peringatan hari air sedunia mungkin adalah kebebasan kita mendapatkan hak kita yang salah satunya berupa air yak. Pan ada tuh di pasal 33 gitu yang isinya “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”. Wuiih mantab bener ya eik kog apal bener ma isi UUD 45. Eeeeitttsss. Apa gunanya ada mbah gugel. Tentunya nanya ma mbah gugel donk yak..
Nah dari isi pasal itu udah jelas yak. Kalo air itu dikuasai oleh negara n dipergunakan untuk sebesar2nya kemakmuran rakyat..!! Jadi jadi jadi.. Harusnya air itu GRATIS donk yak. Ehtapi dari statement pasal itu sih bukan berarti gratis dink yak. Tapi paling gak isinya tuh menyiratkan tentang hak kita akan air yang bisa diminta ke pemerintah.
Nah loh. Kog bahasannya jadi mbulet gitu yak.
Prihatin aja sih ma sebagian daerah yang susah mendapatkan air bersih. Dan ironisnya daerah yang susah mendapatkan air bersih itu gak jauh2 dari jakarta. Yang notabene merupakan ibukota pemerintahan. Nah kalo yang deket aja gak dapet perhatian. Lah gimana yang jauh yak. Tambah gak dapet perhatian dah. Bahkan dilirik aja mungkin gak yak.
Jadi inget jaman dlu kala saat aku masih hidup di desa. Yap. Di desa itu kalo udah musim kemarau tuh susaaaah banget dapetin air. Walopun gak sampe gak mandi berbulan2 yak. Tapi masih inget aja pas kita dapet kiriman tanki air dari pemerintah. Ngantri air pake ember n jerigen. Yap. Dlu aku sempet ngalamin masa2 itu. Tapi alhamdulillah daerah itu sekarang udah masuk PAM. Dan sumur juga banyak yang gak kering di musim kemarau. Walopun air sungai sekarang tambah gak ada.
Wuiihh.. kog merepet kemana2 yak tulisan ini.
Yaweslah. Segini aja yak celotehan eik yang lumayan bisa dibilang serius n agak berat. *dikit*
Anyway.. Selamat hari air sedunia. Smoga pemerintah mampu membagi perhatian bagi orang2 yang susah mendapatkan air yang udah menjadi hak mereka.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s