glass wool

hari itu. lagi sibuk ngerjain review Work Order (WO) boiler. trus tersusunlah WO-WO boiler yang masih belum close. dan dibacalah beberapa WO itu.

beberapa WO ternyata masih WO fase konstruksi. sampe akhirnya sampelah kepada identifikasi, beberapa roof ESP yang penyok. kalo mo dicari sekarang pastilah penyokan2 itu sudah tak ada lagi. karena sudah tertutup glass wool dan isolasi.

nah dari situlah iseng nanya mbah google tentang glass wool. dan nemulah situs ini. dari situ jadi tau deh proses pembuatan glass wool.

ini nih ada gambarnya mengenai pembuatan glass wool yang diambil dari situs itu juga.


atau dari situs yang ini bisa juga didapat gambar yang kya gini

intinya dari kedua gambar tersebut sama-sama mengenai pembuatan glass wool yang berasal dari material dasar sand dan cullets yang dibuat melting pada furnace dengan suhu 1450 derajat celcius atau 1300 – 1500 derajat celcius. setelah itu fibre dibentuk dengan melakukan spinning dan binding yang kemudian menjadi “white” glasswool.

“white” glasswool tersebut kemudian melalu proses curing oven di suhu 200 derajat celcius. yang kemudian membentuk binders menjadi yellow. setelah itu glasswool dikemas sesuai ukuran yang diinginkan.

limbah yang dihasilkan dari proses produksi ini di recycle lagi kedalam proses produksi untuk mereduksi input dan menghemat energy.

gas yang dihasilkan selama proses produksi dibersihkan dengan filter untuk meminimalisir pencemaran lingkungan.

demikianlah proses produksi glass wool hasil dari tanya2 di mbah gugel.

glasswool sendiri berfungsi sebagai isolasi. biasanya digunakan sebagai isolasi peralatan2 yang beroperasi pada suhu tinggi. seperti boiler. isolasi ini selain bertujuan agar efisiensi alat maksimal juga sebagai peredam panas yang keluar ke lingkungan.

yup. jadi seperti itu temans.

smoga informasi ini berguna. have a nice day all. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s