Mengenal lebih jauh proses pembangkitan

Sebagian besar dari kita pastinya sudah memahami bagaimana proses pembangkitan itu. Secara kan kita2 juga banyak yang kerja praktek, skripsi bahkan bekerja dibidang pembangkitan. Terlepas dari segala permasalahan yang terjadi di pembangkitan, kali ini saya ingin bercerita mengenai proses pembangkitan batubara.

Pembangkit listrik tenaga batubara yang banyak diributkan akhir2 ini merupakan salah satu alternative dari pembangkit listrik yang bisa digunakan di tanah air kita ini. Mengusung kurangnya energy listrik yang ada serta mahalnya bahanbakar minyak, maka dibangunlah PLTU berbahan bakar batu bara.

batubara

PLTU

Jika anda berlaku sebagai pecinta lingkungan dan orang energy terbarukan, pastinya banyak tanda tanya besar di kepala anda. Mengapa harus batubara? Mengapa bukan angin aja? Mengapa bukan air aja? Dan jawabnya simple ternyata. Ujung2nya balik ke birokrasi yang ada di negri ini.

Wind Turbine

Pembangkit arus laut

Solar Cell

Namun bagaimanapun juga ya akhirnya kita hanya bisa berharap semoga kebijakan ini membawa berbagai kebijakan lain yang pada akhirnya akan mensejahterakan negri kita tercinta. Amin.

Weitz. Pendahuluannya panjang amat yah. Langsung aja yah. Check this out..!!

Saya yang bergabung dengan salah satu perusahan pengedia jasa Operation & Maintenance belajar untuk bagaimana pembangkit beroperasi seefisien mungkin, mendapat untung sebanyak mungkin dengan pengeluaran sesedikit mungkin. Namun menghadapi pembangkit china yang ada sekarang ini, langkah kami kadang tersurutkan (sedikit curhat neh ceritanya.. hehe)

Dengan dana yang seminimal mungkin kami dikejar target operasi yang sebanyak mungkin. Sedangkan peralatan yang ada kadang tidak bisa beroperasi  maksimal. Untuk saat ini mungkin saya akan bercerita mengenai bagaimana sederhananya proses pltu.

Pada dasarnya proses pembuatan uap sangatlah simple. Sederhananya air direbus di sebuah panci raksasa dan kemudian uap yang dihasilkan dipakai untuk menggerakkan turbin uap.

Namun yang rumit adalah menggunakan bahan bakar apakah pembangkit tersebut. Nah contohnya kan kalo biasanya di rumah2 kita pake gas, kayu bakar, ataupun minyak. Maka begitu juga yang terjadi pada pembangkit listrik besar. Jika kali ini kita menggunakan batubara, maka kita harus memperhatikan kesesuaian jenis batubara dengan jenis pembangkit. Dari batubara yang masih berbentuk bongkahan2 lebih besar diproses menjadi berbentuk serbuk. Tujuan dari pelembutan serbuk batubara ini agar pembakaran batubara efisien. Karena semakin kecil permukaan batubara, maka batubara akan terbakar sempurna sehingga tidak menimbulkan limbah akibat tidak terbakarnya batubara.

Nah bahan bakar batubara yang sudah dihaluskan tersebut berfungsi sama sebagai bahan bakar untuk memanasi air dimana uap yang dihasilkan digunakan untuk memutar sudu-sudu turbin untuk kemudian menggerakkan generator dan menghasilkan listrik dehh… yapp… listrik yang diproduksi bisa langsung digunakan…. nammuuuuunnn… untuk digunakan oleh banyak orang maka ada lagi yang ngatur.. gak bisa langsung digunakan gitu aja.. yang ngatur pemakaian n distribusi listrik ya PLN distribusi.

Jadi begitu ceritanya.. semoga bermanfaat. Amien..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s